Senin, 04 Januari 2016

Menjelajah Dunia Bawah Laut dengan Trident Drone

trident-drone

Trident drone nyatanya hadir dengan tampilan lain dari drone pada umumnya. Drone sendiri identik dengan pesawat radio kontrol dengan 4 atau 6 baling-baling untuk membantu terbang. Drone yang pernah dibuat pun mampu terbang sampai radius 100 m hingga 1 km jauhnya. Akan tetapi, jelas berbeda dengan drone satu ini.
Trident dirancang khusus seperlu menjelajah dunia bawah laut secara leluasa. Gagasan cemerlang tentang drone unik ini pun berasal dari suatu kampanye Kickstrater oleh OpenROV yang sebenarnya telah mengawalinya sejak 3 tahun lalu.
Jelas ada alasan tersendiri yang melatarbelakangi OpenROV merancang drone bawah laut Trident. Tujuan awalnya yaitu agar Trident drone dapat memberikan pengalaman baru yang berbeda dibanding dengan jenis pesawat drone kebanyakan.
trident-drone2
Fungsi Trident Drone
Bagi beberapa orang dunia bawah laut mungkin menjadi satu momok yang menakutkan. Jadi bagi mereka yang takut dengan kedalaman dan juga tidak bisa berenang tetapi merasa penasaran dengan kondisi bawah laut sekarang dapat memanfaatkan Trident. Trident akan membantu penjelajahan alam bawah laut secara leluasa seperti halnya drone yang terbang tinggi. Dengan kehadiran ini Trident drone, tentu akan memberi kemudahan tersendiri terutama bagi mereka yang membutuhkan.
Desain Trident Drone
Beralih ke segi desain. Mengingat fungsi drone yang berbeda, jelas desainnya pun akan berbeda. Trident lebih tepat disebut mirip seperti sebuah kapal selam. Meski digunakan di dalam air, Trident masih dibekali dengan 2 baling-baling yang disematkan pada bagian belakang dan bentuknya nyaris mirip sebuah kotak persegi. Sementara pada bagian sisi terdapat sebuah karet. Karet tersebut nantinya akan berfungsi sebagai pelindung bagi drone dari tajamnya batu karang atau benda asing di laut lainnya.
Adapun untuk spesifikasi lengkapnya, Trident drone mampu berselancar dalam laut sampai kedalaman 100 m. Kecepatannya maksimal yaitu 2 m/s. Di dalam air Trident mampu bergerak luwes seperti halnya robot ikan. Para pengguna pun dapat mengendalikan Trident melaju lambat atau cepat sesuai kebutuhan. Mengenai ketahanan, drone penyelam ini dapat menyelam di dalam laut selama 3 jam lamanya.
Ada kamera beresolusi HD yang disematkan pada Trident. Fungsinya tentu seperlu menangkap gambar ataupun merekam video. Sehingga bisa dibilang drone ini memang menjanjikan pengalaman berbeda dari jenis drone kebanyakan. Lebih hebatnya lagi terdapat pelengkap berupa perangkat wifi yang mengapung 25 m dari drone.
Harga Trident Drone
Mengetahui spesifikasi unggul yang dijanjikan tentu drone unik ini tidak dibandrol dengan harga murah. Adapun OpenROV melabeli Trident dengan harga 14 juta rupiah. Memang sedikit lebih mahal bila dibanding dengan drone jenis pesawat. Akan tetapi, dengan adanya pengalaman menelusur alam bawah laut tentu harga Trident drone tersebut cukup sebanding.

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com