Jumat, 08 Januari 2016

Minum Air Putih Tak Bisa Hilangkan Kepedasan, Ini Alasannya


Minum Air Putih Tak Bisa Hilangkan Kepedasan, Ini Alasannya

Jakarta - Minum air putih untuk menumpas rasa pedas ternyata tidak efektif. Hal ini karena molekul pada capsaicin dan air mineral tidak sama.

Dikutip dari Foodbeast (12/12), video ilmiah unggahan Reactions Everyday Chemistry menjelaskan molekul pada air tidak bereaksi baik dengan molekulcapsaicin yang terkandung dalam makanan pedas.

Ketika makanan mengandungcapsaicin mengenai lidah, maka reseptor TRPV1 mengikat kepedasancapsaicin, lalu mengirim pesan ke otak bahwa makanan ini pedas dan menyebabkan sensasi terbakar pada mulut.

Foto: Thinkstock

Capsaicin yang memiliki molekul non polar hanya dapat diatasi dengan molekul non polar pula. Sayangnya air putih yang biasa kita minum untuk menghilangkan rasa pedas mengandung molekul polar.

Hal ini berarti air putih 'berteman' dengan capsaicin, membuat rasa pedas dan sensasi terbakar di mulut semakin menjadi-jadi. Peneliti mengatakan, "Bertemunya air dengan capsaicinsama halnya dengan air dan minyak, tidak berpadu dengan baik."

Foto: Thinkstock

Sebaliknya, susu dan produk olahannya justru dapat menumpas rasa pedas. Hal ini karena susu memiliki molekul non polar, sama seperti capsaicin.Protein kasein dalam susu juga membantu melarutkan capsaicin. 

Peneliti menyarankan konsumsi susu atau makan es krim untuk mengurangi rasa pedas sekaligus sensasi terbakar pada mulut.

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com