Senin, 04 Januari 2016

WOOOWWW... Anak SD Ini Bisa Membuat Robot Tas Pijat Pada Olimpiade Robot Di Indonesia

robot-tas-pijat

Jika mata dunia hanya terpusat pada Jepang sebagai Negara yang rajin menciptakan robot, mungkin di masa yang akan dating tidak lagi. Kini anak-anak SD di Indonesia sudah mulai belajar membuat robot, bahkan salah satu nya berhasil meraih juara olimpiade robot Internasional yang diadakan di Islamic School Robot Olympiad IV/2015 yang digelar di Universitas Islam Indonesia di Yogyakarta. Yang berhasil menjadi juaranya adalah robot tas pijat yang dibuat oleh anak-anak SD Indonesia.
Pada acara ini para pesertanya adalah para siswa tingkat sekolah dasar dan Sekolah Menegah Pertama (SMP) atau yang setara. Ada beberapa negara yang mengikuti kejuaraan ini, antara lain adalah Singapura, Mesir, Malaysia, dan tuan rumah Indonesia. Ada sekitar 400 anak yang ikut serta dalam kompetisi ini.
Robot tas Pijat
Siswa SD Muhammadiah 4 dari Surabaya yang berhasil menjadi juara dalam olimpiade robot dalam kategori robot inovasi. Robot yang berhasil dibuat adalah robot tas pijat. Ini tentu menjadi sebuah robot yang unik, dimana selain berfungsi sebagai sebuah tas juga sebagai pemijat punggung, sehingga bahu dan juga punggung tidak akan merasa pegal ketika menggunakan tas tersebut. Tentunya ini akan menjadi sebuah inovasi yang luar biasa.
Bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatan tas robot ini juga tergolong mudah. Adalah Arya Ningrat, Nobel Al Maududdy dan Eafia nafwal yang berhasil membuat tas unik dengan biaya yang sangat terjangkau ini. Mereka bertiga hanya mengeluarkan Rp 173.000 untuk dapat menciptakan sebuah tas dengan inovasi unik tersebut.
Komponen yang digunakan juga tergolong simple dan tentunya mudah untuk didapat di berbagai macam toko elektronik, seperti dynamo, baterai kering dengan tenaga 1000 ampere dan beberapa tutup botol bekas yang digunakan untuk menutup dynamo. Dinamo ini digunakan sebagai alat untuk memijat punggung.
Cara kerja tas ini sangat sederhana, tas punggung sekolah yang banyak digunakan ini pada awalnya dilubangi di 4 titik tertentu, dan titik-titik ini akan digunakan untuk menaruh dynamo yang telah ditutupi oleh tutup botol bekas. Agar terasa nyaman dan terasa lebih empuk, maka tutup botol ini dilapisi dengan spons. Bertindak sebagai tenaga dari robot digunakanlah baterai kering dengan tenaga 1000 ampere. Dinamo ini disimpan dan diletakkan di punggung. Jadi ketika baterai ini dinnyalakan akan mengeluarkan getaran lembut, yang berfungsi untuk menggetarkan bagian punggung. Getaran lembut seperti ini menyerupai sebuah pijatan halus pada punggung, maka dari itu tidak heran jika penemuan ini disebut dengan robot tas pijat, karena dapat memijat bagian punggung si pengguna.
Jadi di masa yang akan dating para pengguna tas tidak perlu lagi merasa kelelahan akan beban tas karena ada robot tas pijat yang dapat digunakan untuk memijat punggung Anda.

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com